CAHAYA SEMANGAT




Terdengar suara anak-anak kecil memanggil di balik pintu. Ntah siapa ia. Sekarang sudah malam. Sudah pukul tujuh malam, yang biasanya aku akan tidur setelah sholat isya karena tidak ada penerangan. Ini sudah akhir minggu. Jadi semua elektronikku sudah kehabisan batrai. Mulai dari laptop, Hp dan juga lampu cas. Karena tidak ada listrik di tempatku. Biasanya aku ke mata jalan dulu dengan menempuh perjalanan kaki lewat hutan dan lereng gunung sekitar satu setengah jam untuk mengecas laptop dan semua alat elektonik yang aku miliki. Malam ini hanya ada sebatang lilin yang tersisa dan lampu senter yang sudah mulai redup.

Aku jawab sahutan anak-anak itu dari balik kamarku. “Siapakah?”. “Ini ada yakwol dan okatem ibu guru” jawab mereka. Aku heran, tidak biasa anak ini kerumah malam-malam. Biasanya yang datang anak-anak yang besar kelas tiga keatas untuk menginap dirumahku. Tapi kali ini yang datang anak kelas satu dan dua. Aku bukakan pintu dengan penerangan seadanya. “Ada apa nak?” tanyaku heran. “Kita dua mau belajar ibu guru”. “Baru kalian hanya berdua?” Tanyaku. Berani sekali anak ini berdua malam gelap begini dari kampung dan tidak ada penerangan.

Malam ini aku mengajarkan anak-anak ini menulis dengan penerangan sebatang lilin yang ku miliki, ntah besok malam dengan apa peneranganku. Malam ini anak-anak ini semagat belajar tak mungkin aku tolak. Selesai mereka belajar aku bertanya lagi, “kalian dua tidur disni kah?”. “tidak ibu guru, kita dorang tidak bawa selimut” jawab mereka. “Baru kalian naik lagi ke kampung ini?”.

Mereka kembali ke kampung dalam keadaaan gelap. Biasanya ketika aku masih ada penerangan senter aku masih bisa menerangi mereka sampai batas pagar kampung. Tapi kali ini. tak ada yang bisa ku andalkan untuk menerangi mereka. Hanya ucapan hati-hati pada mereka.

Walaupun malam ini tak ada lagi penerangan. Tak apalah. Senang rasanya. Melihat anak-anak semnagat belajar walaupun tak ada penerangan.

About srihandini.blogspot.com

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar